Rabu, 23 Mei 2012

Geografi (Garis Bumi)

  • Garis Lintang / lotitude adalah garis khayal pada peta atau globe yang tergambar horizontal dengan arah barat - timur yang melingkari bumi. LT (Lintang Utara) 90⁰ dan LS (Lintang Selatan) 90⁰ yang merupakan titik yang menunjukan kutub utara dan selatan. 
  • Garis Khatulistiwa / ekuator adalah merupakan garis lintang 0⁰. Garis ini membelah bumi dari timur ke barat. 13% dari panjang garis khatulistiwa ada di Indonesia.
  • Garis Bujur / longitude adalah garis khayal pada peta atau globe dengan arah utara - selatan dari kutub utara hingga kutub selatan. Garis bujur diukur dari meridian utama (0⁰) yang disebut meridian Greenwich di Inggris. Seluruh permukaan bumi dibagi sama ke dalam 180⁰, baik timur ataupun barat. Garis meridian 180⁰ timur dan  180⁰ barat terletak pada tempat yang sama disebut batas penanggalan internasional.
sekian,. .  sekarang saya akan bahas Tugu katulistiwa, sebagai tambahan teman .. !
teman tau kan di mana tempat Tugu katulistiwa indonesia ? yak benar ! di Pontianak !
Tugu khatulistiwa ini didirikan setelah sebuah penelitian internasional yang dipimpin oleh ahli geografi berkebangsaan Belanda datang ke Pontianak untuk menentukan titik khatulistiwa pada tanggal 31 maret 1928. Pada tahun 1930, seorang arsitek yang bernama silaban menyempurnakan bangunan itu.
 Tugu khatulistiwa itu tidak hanya di indonesia teman, ! di Inggris ada namanya Observatorium Greenwich yang didirikan oleh raja Charles II pada tahun 1675 untuk menentukan titik nol derajat di Inggris.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar