Selasa, 29 Mei 2012

Cuaca dan Iklim (Iklim di Indonesia)

Secara geografis, Indonesia terletak di daerah khatulistiwa dan di antara dua samudra serta dua benua. Oleh karena itu, Indonesia secara umum beriklim tropis yang memilki dua musim, yaitu musim kemarau dan hujan.
    Angin moson barat dan timur 
  • Angin Musim di Indonesia 
Angin musim diakibatkan oleh du arah angin yang berbeda. pada bulan Oktober - April, angin bertiup dari arah barat daya dan bersifat basah (Muson Barat). Sebaliknya, pada bulan April - Oktober, angin bertiup dari arah timur laut dan bersifat kering (muson timur).
  • Angin Darat dan Laut di Indonesia
Angin darat dan laut
Pada malah hari, suhu di daratan lebih cepat dingin sehingga tekanan udaranya tinggi, dan angin bertiup dari darat ke laut. Sebaliknya, pada siang hari, laut lebih dingin daripada darat sehinhgga angin bertup dari laut ke darat.
  • Angin Fohn Di Indonesia
Angin  fohn adalah angin yang proses terjadinya berkaitan dengan hunan orografis. Angin ini bersifat jatuh, kering, dan panas. Dikatakan jatuh karena bergerak menuruni pegunungan ke daerah lembah. Bersifat kering dan panas karena hujan yang dibawany telah jatuh dari sisi pegunungan yang sebaliknya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar