Selasa, 29 Mei 2012

Kingdom Animalia

Kingdom Animalia dapat dibedakan menjadi 2 kelompok besar, yaitu hewan bertulang belakang (Vertebrata) dan hewan tidak bertulang belakang (invertebrata) .

  • Vertebrata 
  1. Ikan : Ikan bernapas dengan insang dan hidup di air, sebagian besar beradarah dingin dan bertelur, kecuali ikan hiu yang berkembang biak dengan melahirkan.
  2. Amfibi : merupakan binatang berdarah dingin, hidup di daratan, bernapas dengan paru - paru dan insang. Ada tiga jenis amfibi, yaitu kodok, dan katak, salamander dll.
  3. Reptil :  merupakan binatang berdarah dingin juga bernapas dengan paru - paru. Reptil meliputi ular, penyu dan kura - kura, buaya, aligator, dan kadal. Dinosaurus termasuk reptil, meskipun para ilmuan percaya bahwa dinosaurus berdarah panas. 
  4. Burung : termasuk binatang berdarah panas, serta memiliki bulu dan sayap. Semua burung bernapas dengan paru - paru. Burung bertelur dan sebagian besar dapat terbang. Meskipun demikian, beberapa burung tidak dapat terbang, seperti penguin dan burung onta.
  5. Mamalia : merupakan binatang yang menyusui dan berdarah panas. Sebagian besar mamalia berkembang biak dengan cara beranak. namun, platipus berkembang biak dengan cara bertelur. Contoh binatang mamalia ialah kangguru, anjing, kucing, tikus, ikan paus, lumba - lumba , dll .
  • Invetebrata 
  1. Porifera merupakan kelompok binatang primitif. porifera hidup di air asin (biasanya), tidak bergerak dari satu tempa ke tempat yang lain, dan memakan organisme kecil. 
  2. Coelenterata merupakan binatang yang juga sangat primitif. Mulutnya yang berada di sekitar tantakel merupakan jalan masuknya makanan dan keluarnya sisa metabolisme. Contoh dari Coelenterata ialah ubur - ubur, koral, hidra, dan anemon laut.
  3. Echinodermata berarti hewan kulitnya berduri. Hewan ini berhabitat di air laut dan biasanya sesil atau menetap. Makanannya berupa organisme kecil yang lebih kecil atau sisa organisme kecil. Contoh hewan ini adalah landak laut, timun laut, dan lili laut
  4. Cacing merupakan hewan yang sangat bervariasi jenisnya dan hidup di banyak habitat dari dasar laut hingga di dalam tubuh binatang lain. jenis cacing, antara lain, cacing pita, cacing gelang, cacing tanah, cacing kremi, cacing tambang.
  5. Moluska bertubuh lunak, tidak beruas - ruas, dan tubuhnya ditutupi oleh cangkah yang terbuat dari kalsium karbonat. Namun ada pula moluska yang tidak bercangkang. pada umumnya moluska hidup di laut. Yang termasuk moluska, antara lain, siput, cumi-cumi, gurita, remis, dan tiram.
  6. Arthropoda memiliki ciri berupa kaki yang beruas-ruas dan memiliki kerangka luar (eksoskeleton). Hewan yang termasuk jenis ini adalah udang, kepiting laba-laba, tungau, caplak, dan kaki seribu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar